Minggu, 08 Mei 2011

KEBUTUHAN PESERTA DIDIK


KEBUTUHAN PESERTA DIDIK

A . teori kebutuhan

            kebutuhan adalah suatu keperluan asasi yang harus dipenuhi untuk mencapai keseimbangan organisme
            salah satu teori kebutuhan yang paling populer dibangun dan dikembangkan oleh Abraham H. Maslow. menurut maslow, manusia mempunyai kecenderungan-kecenderungan untuk mencapai kebutuhn-kebutuhan sehingga penuh makna dan memuaskan
            berdasarkan pada keyakinan tersebut maslow membangun sebuah teori tentang kebutuhan yang kemudian dikenal dengan teori "hiearki kebuhuhan" (heirerchy of need).
            disamping teori hiearki kebutuhan yang diajukan oleh maslow, teori tentang kebutuhan lain yang dikenal cukup luas adalah teori yang diajukan oleh McClelland. dalam teorinya, McClelland membedakan tiga jenis kebutuhan manusia yaitu:

1. Need for achievement (kebutuhan untuk berprestasi) : kebutuhan untuk bersaing atau melampai standar pribadi, ciri orang yang memiliki kebutuhan untuk berprestasi:
A.menyenangi situasi dimana ia memikl tanggung jawab pribadi
B.menynangi adanya umpan balik (feedback)
C.dalam menentukan tujuan prestasinya, ia lebih memiliki resiko yang moderat dari pada resiko yang kecil
D.berusaha melakukan sesuatu dengan cara yang baru dan kreatif
E.memiliki rasa ingan tahu yang tinggi

2. Need for power (kebutuhan untuk berkuasa) : suatu kebutuhan atau kecenderungan untuk memberi kesan atau mempunyai pengaruh atas orang lain dengan tujuan untuk dianggap sebagai orang kuat, cirri-ciri tinggkah laku orang yang memiliki need for power antara lain:
            A.sangat aktif dalam menentukan arah kegiatan dari organisasi di mana ia terlibat
            B.sangat peka terhadap struktur pengaruh antarpribadi dari kelompok
            C.senang menjadi anggota suatu organisasi
            D.berusaha menolong orang lain

            3. Need for affiliation (kebutuhan untuk berafiliasi) : suatu kecenderungan dari beberapa individu untuk mencari atau menjalin hubungan persahabatan dengan orang lain tanpa memandang status, kedudukan, jabatan, ataupun pekerjaan, cirri-ciri tingkah laku dari orang yang memiliki need for affiliation antara lain:
            A.lebih senang berkumpul bersama orang lain dari pada sendirian
B.sering berhubungan dengan orang lain, termasuk bercakap-cakap, silaturahmi dan lain-lain
C.lebih memperhatikan aspek hubungan pribadi yang ada dalam pekerjaan daripada aspek tugas-tugas itu sendiri
D.mencari persetujuan atau ksepakatan dari orang lain
E.lebih aktif melakukan pekerjaan dalam suasana komperatif

B. Kebutuhan Dasar Manusia

Dalam teori hiearki kebutuhan yang diajukan oleh maslow disebutkan lima jenis kebuyuhan dasar secara berjenjang atau bertingkat


1.physiological needs (kebutuhan-kebutuhan fisiologis) : sejumlah kebutuhan yang paling mendesak dan mendapat prioritas utama dalam pemenuhannya karena berkaitan langsung dengan kondisi fisik dan kelangsungan hidup

2.Need for self-security and security (kebutuhan akan rasa aman dan perlindunga) : kebutuhan yang mendorong individu untuk memperoleh ketentraman, kepastian, dan keteraturan dari lingkungannya, jaminan keamanan, terlindung dari bahaya dan ancaman penyakit, oerang, kemiskinan, dan lain-lain.

3.Need for love and belingingness (kebutuhan akan rasa kasih saying dan memiliki) :kebutuhan yang mendorong individu untuk mengadakan hubungan afeksi atau ikatan emosional dengan orang lain, yanf diaktualisasikan dalam bentuk; ketbutuhan akan rasa memiliki dan dimiliki, mencintai dan dicintai dan sebagainya

4.Need for self-esteem (kebutuhan akan rasa harga diri) : kebutuhan akan rasa harga diri merupakan kebutuhan individu untuk merasa berharga dalam hidupnya. Kebutuhan ini mencangkup: (1) kebutuhn akan self-respect atau penghormatan/penghargaan dari diri sendiri, seperti : rasa percaya diri. (2) esteem atau oenghargaan dari orang lain, yaitu penghargaan atas apa-apa yang telah dilakukannya, berupa : pengakuan, penerimaan, perhatian, kedudukan, atasu status, panggat, nama baik, prestasi, dan sebagainya.

5.Need for self-actualization (kebutuhan akan aktualisasi diri) : kebutuhan untuk memenuhi dorangan hakiki manusia untuk menjadi orang yang sesui dengan keinginan dan potensi dirinya.

Untuk memenuhi kelima jenjang kebutuhan tersebut, Abraham maslow membedakan motivasi manusia atas 2 kategori yaitu:

1.Deficit motive (motif kekurangan : motif untuk mendapatkan kebutuhan fisiologis dan rasa aman. Sasaran utama dari motif ini adalah untuk mengatasi ketegangan organismik yang dihasilkan oleh keadaan kekurangan, cirri-ciri dari keadaan yang mendorong munculnya motig kekurangan ini antara lain :
            A.tidak terpenuhinya kebutuhan ini dapat menyebabkan individu sakit
            B.terpenuhinya kebutuhan ini dapat mencegah timbulnya sakit
C.kemampuan mengendailikan pemenuhan kebutuhan ini akan menyembuhkan penyakit
D.dalam kondisi memilih yang kompleks, pemenuhan motif kekurangan ini akan cenderung di utamakan

2.Metaneeds (motif untuk pertumbuhan atau metekebutuhan) : motif yang muncul apabila motif kekurangan telah terpenuhi dan mendorong individu untuk menggungkapkan potensi-potens, perkembangan individu yang maksimal dan terpeliharanya kesehatan psikologis individu dicapai oleh individu yang mengalami aktualisasi diri. Menurut maslow, cirri-ciri orang yang mengalami aktualisasi diri adalah :

1)      menerima realitas secara utuh
2)      spontanitas dan sederhana ; menjalani kehidupan secara alami
3)      lebih memusatkan diri pada masalah ketimbang pada diri sendiri yang bersifat subjectif
4)      levih menyukai hal-hal yang bersifat khusus dan privasu
5)      memiliki otonomi pribadi
6)      memiliki pandangan yang hangat
7)      menumukan pengalaman-penglaman puncak tau mistik
8)      memiliki semangan identitas dan rasa persaudaraan yang tinggi dengan semua orang
9)      sangat memperhatiakan nilai-nilai etika
10)  memiliki kreativitas yang tinggi

C. Kebutuhan Peserta Didik dan Implikasi Terhadap Pendidikan

1)      kebutuhan jasmaniah
2)      kebutuhan akan rasa aman
3)      kebutuhan akan kasih saying
4)      kebutuhan akan penghargaan
5)      kebutuhan akan rasa bebas
6)      kebutuhan akan rasa sukses

materi referensi : buku psikologi perkembangan peserta didik , Dra.desmia, M.Si.

1 komentar: