Rabu, 13 Maret 2013

Tips Menghargai Seorang Pasangan dari A-Z


Tips menghargai seorang pasangan dari A-Z
 
Menurut Maslow Cinta dan kasih sayang adalah kebutuhan pokok yang bernomor 3 (Desmita:2009). Hal ini menandakan betapa pentingnya cinta dan kasih saying bagi kehidupan manusia. Setiap manusia inginlah dicintai, mereka semua ingin bahagia layaknya manusia normal yang ada. Cinta yang bisa membuat mereka kuat dan lebih tegar adalah cinta yang jernih dengan cara yang benar.

Dalam teorinya Maslow mengidentifikasikan cinta sebagai “ sesuatu yang hakiki dan sangat berarti bagi manusia, karena ia merupakan syarat bagi terwujudnya perasaan yang sehat, yang di dalamnya terkandung muatan sikap saling percaya dan saling menghargai” (desmita:2009). Akantetapi, Terkadang seseorang mencintai kekasihnya dengan cara yang salah. Mereka lebih cenderung memikirkan dirinya sendiri dan tidak memikirkan kekasihnya, padahal dalam hubungan percintaan atau yang kita sebut dengan pacaran adalah hubungan antara 2 orang dengan ikatan persetujuan keduanya. Definisi ini cukup menjelaskan bagaimana kita menjalani hubungan pacaran. 

Sebagian perempuan berkata bahwa laki-laki itu semuanya hanya bisa bikin sakit hati, sedangkan sebagian laki-laki berkata bahwa perempuan itu semuanya hanya bikin sakit hati. Manakah yang benar diantara mereka? Jawabnya “ tidak ada yang benar”. Semuanya itu tergantung pada kondisi dan situasi yang dihadapi oleh tiap orang. Terkadang orang yang menyakiti orang lain, mempunyai alasan dalam hatinya untuk membalas dendam. Hanya saja pembalasan dendam tersebut diberikan pada orang yang salah. Pada akhirnya, dia menyakiti orang lain dengan tujuan kepuasan hatinya.

Saya akan menawarkan solusi bagi para pasangan agar dapat menghargai pasangannya dengan cara yang baik dan benar. Kita hidup itu belajar. Nabi Muhammad SAW pernah bersabda tuntutlah ilmu sepanjang hayat. Artinya kita pacaran juga bisa dibuat pelajaran. Pelajaran untuk kelak disaat menikah. Syukur-syukur Pacarannya yang berkelanjutan sampai nikah ,^_^ AMIN

Berikut adalah tips cara menghargai pasangan berdasarkan survey Rico Kurosaki :

A . balaslah sms pasangan kamu meskipun kamu sedang sibuk, bila kamu benar-benar tidak bisa membalas. Alangkah baiknya kalau kamu bilang dulu kepasangan kamu. Dia akan mengerti.

B . Bertemulah paling tidak seminggu sekali, karena pertemuan itu bisa mendekatkan hati. Pertemuan itu berbeda dengan sms atau telfon. Dengan pertemuan itu anda akan bisa memahami arti dari perasaan anda.

C . jangan tidak memperdulikan atau cuek kepada pasangan anda karena masalah anda yang tidak mau anda ceritakan kepada pasangan anda. Pasangan anda akan merasa sakit, ketika anda tidak mau cerita an langsung mencueki dia dengan alas an yang tidak jelas.

D . Bila anda cemburu, bosan atau jenuh terhadap sesuatu dari pasangan anda, sebaiknya anda katakana dengan baik-baik. Tidak perlu emosi cukup dengan senyuman, dan pastikan pasangan anda mengerti dengan yang anda maksud.

E . Berilah pasangan anda perhatian yang lebih dibandingkan perhatian yang diberikan teman pasangan anda. Memang hal ini sedikit agak ribet, hanya saja pasangan anda membutuhkan anda. Jika bukan anda, lalu siapa lagi?

F . jangan menyetop atau pergi ketika pasangan anda sedang berbicara. Paling tidak, hormati dia dan beri penjelasan kepada pasangan anda jika anda ada urusan.

G . Jangan perlihatkan kedekatan anda dengan teman anda. Meskipun anda dan teman anda hanyalah teman, namun terkadang cinta dapat membutakan mata dan menyakitkan hati ketika harus melihat hal seperti itu.

I . gunakan kata-kata yang special ketika anda sms atau berkomunikasi dengan pasangan anda. Itu akan membuat anda                dan pasangan anda lebih nyaman ketika bersama.

J . Ketika pasangan anda marah, jangan lawan kemarahan pasangan anda dengan kemarahan. Lawanlah pasangan anda dengan ketenangan yang tegas dan baik. Pasangan anda akan mengerti dan meredahkan kemarahannya

K . Diskusikan dengan pasangan anda bila ada perbedaan yang membuat hati anda menjadi tidak enak. Pengertian terhadap pasangan memang penting, akantetapi terkadang kita juga perlu menceritakan pengertian-pengertian yang kita coba terapkan pada pasangan kita. Hal itu dikarenakan pengertian yang kita lakukan itu membuat hati kita sakit.

L . Jangan terlalu mengerti pasangan anda, terkadang anda juga harus memikirkan perasaan anda sendiri. Anda harus menjalani cinta dengan baik tanpa ada salah satu pihak yang amat dirugikan oleh pihak yang lain

M . tegas dan lembut dalam menghadapi pasangan anda. Anda memang harus mesrah dan tampil bijaksana kepada pasangan anda, hanya saja ketika pasangan anda melakukan kesalahan. Anda juga harus tegas dalam menyalahi apa yang dia salahkan. Anda harus bisa membedakan mana yang baik dan yang benar agar dapat bermanfaat bagi cinta anda berdua

N . lakukan kesamaan aktifitas bersama-sama. Hal ini akan membentuk ikatan yang kuat antara anda dan pasangan anda. Aktifitas yang anda lakukan tidak harus aktifitas pacaran. Anda bisa melakukan aktifitas-aktifitas lain. Semisal melaksanakan tugas, belajar dan bekerja.

O . Jangan membalas dendam kepada pasangan anda, lebih baik anda ungkapkan kekesalan anda. Hal ini dikarenakan ketika anda membalas dendam, maka pembalasan-pembalasan akan terus berlanjut tiada hentinya.

P . jangan biarkan pasangan anda sendirian. Kalau anda punya waktu akan lebih baik jika anda temani pasangan anda dalam hari-harinya.

Q . pentingan pasangan anda dibandingkan dengan teman anda, meskipun pasangan anda berkata bahwa tidak apa-apa kalau anda lebih bersama teman anda. Ingat Pasangan anda juga manusia yang punya perasaan

R . Hindari penggunakan perkataan jorok seperti meso dan kata-kata kasar

S . berikan sesuatu yang berbeda pada hari-hari pasangan anda.

T . tunjukan niatan anda untuk membahagiakan pasangan anda dengan niat yang tulus dan tidak main-main.

U . jangan berjanji kepada pasangan anda, bila tidak bisa menepati. Janji adalah hutang, apalagi janji terhadap pacar. Akan selalu menjadi bingkisan dihati

V . gunakan komunikasi kepada pasangan anda dengan cinta yang anda miliki

X . tersenyumlah kepada pasangan anda ketika anda berbicara dengan pasangan anda.

Y . berkomunikasilah kepada pasangan anda baik lewat HP, SMS, ketemu atau facebook setiap hari. Luangkan beberapa waktu anda untuk pasangan anda, agar dia merasa anda perhatikan dan tidak merasa diacuhkan oleh anda

Z . JANGAN MALAS TERHADAP PASANGAN ANDA. Itu akan menunjukan ketidak seriusan anda dalam mencintai pasangan anda.

Memang manusia itu mempunyai kekurangan. Tidak ada manusia yang bisa melakukan semua dari A-Z dengan sempurna. Akantetapi, kita harus berusaha membahagiakan pasangan kita dengan cara yang kita punya. Kita harus mempunyai pola pikir untuk membahagiakan dan sanggup bersama pasangan anda. Paul menyatakan “ your world is your mind”. Artinya dunia kita ada difikiran kita. Apabila kita menganggap dunia itu menyebalkan maka akan jadi menyebalkan. Apabila kita menganggal bahwa kita bisa melakukannya dan berusaha dengan baik, maka kita akan bisa melakukannya dengan baik juga.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar