Kamis, 05 Desember 2013

Contoh Program Kerja Bimbingan Belajar




PROGRAM KERJA
Pelaksanaan Bimbingan Belajar
Bahasa Inggris

TAHUN PELAJARAN 2013/2014
SMP NEGERI 3 LAMONGAN




 























Universitas Islam lamongan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Kelompok I
Jl. veteran No. 53 A Lamongan
LAMONGAN 62216


KATA PENGANTAR

Puji syukur yang tiada hentinya kehadirat Allah SWT yang telah memberikan limpahan rahmat dan hidayahnya, sehingga kami dapat menyelesaikan sekaligus membukukan program pelaksanaan Bimbingan Bahasa Inggris untuk kelas 8 Tahun Pelajaran 2013/2014
Pelaksanaan Les Bahasa Inggris untuk kelas 8 Les Bahasa Inggris untuk kelas 8 Tahun Pelajaran 2013/2014 perlu kami programkan baik secara konsep maupun teknis untuk persiapan, pelaksanaan maupun evaluasinya agar pada hari pelaksanaan dapat berjalan dengan sebaik-baiknya.
Pada kesempatan ini tidak lupa kami mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada semua pihak yang telah membantu dalam penyusunan program pelaksanaan Les Bahasa Inggris untuk kelas 8
Akhirnya kami mengharapkan masukan baik kritikan maupun saran yang bersifat membangun demi penyempurnaan program yang telah kami susun ini.



                                                                                                            Ketua Panitia



                                                                                                Muhammad Nur Hidayatullah
















BAB I
PENDAHULUAN

  1. Latar Belakang
Bimbingan Bahasa Inggris untuk kelas 8 merupakan bimbingan yang perlu dilaksanakan demi kepentingan bersama. Untuk keberhasilan pelaksanaan ini perlu adanya rambu-rambu agar semua kegiatan berjalan dengan sebaik-baiknya sesuai dengan harapan kita semua.
Sehubungan dengan hal tersebut, program pelaksanaan Bimbingan Bahasa Inggris untuk kelas 8 SMP Negeri 3 Lamongan ini perlu dibuat sebagai acuan sebagaimana ketentuan-ketentuan aturan yang ada.

  1. Dasar Pelaksanaan
    1. Program Kerja dari PPL UNISLA
    2. Program dari SMP Negeri 3 Lamongan

  1. Tujuan
Tujuan penyusunan program ini adalah :
    1. Memberikan arah dan pedoman bagi panitia dan semua pihak yang terkait dengan pelaksanaan Bimbingan Bahasa Inggris untuk kelas 8 ini.
    2. Sebagai pedoman dalam menangani permasalahan yang mungkin timbul selama penyelenggaraan Bimbingan Bahasa Inggris untuk kelas 8
    3. Sebagai alat kontrol dan evaluasi sejauh mana pelaksanaan dan keberhasilan suatu program

Demikian semoga dengan adanya program ini penyelenggaraan Bimbingan Bahasa Inggris untuk kelas 8 Tahun Pelajaran 2013/2014 di SMP Negeri 3 Lamongan berjalan dengan lancar tanpa halangan berarti.










BAB II
PELAKSANAAN BIMBINGAN

  1. Waktu Pelaksanaan
Bimbingan Bahasa Inggris untuk kelas 8 dilaksanakan tanggal 17 Oktober - 1 Desember 2013 pada hari sabtu dan dilakukan pada pukul 10.30 (sepulang sekolah)

NO
RUANG
KELAS
PESERTA
JUMLAH
1
01
VIII A
Semua siswa Kelas VIII A
30
2
02
VIII B
Semua Siswa Kelas VIII B
30
3
03
VIII C
Semua siswa Kelas VIII C
30
4
04
VIII D
Semua Siswa Kelas VIII D
30
5
05
VIII E
Semua siswa Kelas VIII E
30
6
06
VIII F
Semua Siswa Kelas VIII F
30

7




07
VIII G
Semua siswa Kelas VIII G
30
8
08
VIII H
Semua Siswa Kelas VIII H
30
9
09
VIII I
Semua siswa Kelas VIII I
30


  1. Peserta Bimbingan
Bimbingan Bahasa Inggris untuk kelas 8 diikuti oleh seluruh siswa SMP Negeri 3 Lamongan kelas 8 dengan menempati ruang kelas masing-masing kelas.

C.    Sistematika Pelaksanaan Bimbingan
Tahap I
Bimbingan akan dilakukan pada jam 10.30, dengan warming up memakai beberapa metode yang menarik sehingga membuat siswa menyukai bahasa inggris dan lebih termotivasi untuk belajar bahasa inggris lebih banyak

Tahap II
Pada jam 10.45 siswa akan memulai materi dengan metode penyampaian discussion team yang akan memberikan lebih banyak kesempatan kepada siswa untuk lebih aktif dalam pembelajaran, sehingga dapat memupuk softskill dari siswa.

Tahap II
Pada jam 11.30 siswa akan memulai penutupan dengan memberikan tugas yang menarik sesuai dengan materi yang diberikan














BAB III
PENILAIAN

Untuk memonitoring program kerja bimbingan bahasa inggris telah berjalan dengan baik maka tutor akan melakukan evaluasi setiap hari senin pada jam 7.30 tepatnya setelah melakukan upacara bendera hari senin. Hal ini diperlukan mengingat kendala yang terjadi akan menghambat proses belajar peserta didik.












BAB IV
PENUTUP

Program pelaksanaan Bimbingan Bahasa Inggris untuk kelas 8 Tahun Pelajaran 2013/2014 telah tersusun dan terdokumentasi yang kelengkapan administrasi yang berhubungan dengan persiapan pelaksanaan dan evaluasi selama pelaksanaan Bimbingan Bahasa Inggris untuk kelas 8 Tahun Pelajaran 2013/2014 yang dilaksanakan tanggal 17 Oktober - 1 Desember 2013
Dengan demikian diharapkan pada pelaksanaan Bimbingan Bahasa Inggris untuk kelas 8 ini dapat berjalan lancar tanpa kendala yang berarti.







Lamongan, 16 Oktober 2013
Menyutujui
Guru Pembimbing                                                                       Ketua Pelaksana Kegiatan



     Utomo,S.Pd                                                                       Muhammad Nur Hidayatullah

      Kepala Sekolah,





    Hj. Yayuk Setia Rahayu, S.Pd., M.Pd.
    Pembina Tk.I
    NIP. 19660123 198903 2 007






Tidak ada komentar:

Poskan Komentar