Senin, 09 Juli 2012

definisi + Manfaat Lidah Buaya dan Prospek ke Depannya

tanaman lidah buaya (aloe vera) sudah dikenal masyarakat sejak ribuan tahun silam. tanaman ini mempunyai banyak sekali manfaat yang bisa dimanfaatkan oleh manusia. diperkirakan lidah buaya dimanfaatkan oleh manusia sejak tahun 1500 SM.Di negara-negara maju pemanfaatan lidah buaya sudah lama dilakukan, mereka memanfaatkan lidah buaya untuk produk makanan attau minuman, kosmetik, atau produk-produk yang lain.

Aloeferoxplant.com


alasan lidah buaya baik untuk dikonsumsi adalah daging gel lidah buaya kaya akan vitamin yang lengkap , seperti vitamin A,B,C dan E. Penelitian yang dilakukan Wahyono E. dan Kusnandar (2002) menyatakan khasiat lidah buaya yang lebih banyak lagi, di antaranya sebagai berikut :
- lidah buata berguna sebagai antiinflamasi, antijamur dan antibakteri
- lidah buaya dapat merangsang regenerasi sel
- sebagai obat untuk diabetes dengan menurunkan kadar gula dalam darah
-lidah buaya membantu meningkatkan sistem imun

prospek ke depan dari lidah buaya pun sangat menjanjikan dan memiliki resiko gagal yang rendah, pasalnya lidah buaya sangat banyak dinikmati dan diminati oleh seluruh dunia, tak hanya di indonesia saja melainkan negara-negara lain pun membutuhkannya dan masih butuh pasokan yang lebih banyak, seperti jepang. untuk sementara penghasil lidah buaya terbanyak di indonesia adalah pulau kalimantan.


terdapat 4 jenis lidah buaya yang sering digunakan secara komersial, meski lidah buaya memiliki jenis yang sekitar 250, namun hanya 4 yang sering dikembangkan :
1. Aloe Ferox
2. Aloe Vera
3. Aloe arborescens
4. Aloe chinensis


Manfaat lidah buaya pun bisa dimanfaatkan dari berbagai macam aspek.  manfaat lidah buaya dalam skala industri. digunakan untuk industri pangan,  indusri farmasi, indutri kosmetik, dan industri pertanian. Lidah buaya pun bisa dimanfaatkan sebagai tanaman kesehatan :
A. Atasi sembelit
2.  Atasi masalah kencing berdarah
3. Menyuburkan rambut
4. mengatasi kerontokan
5. mengobati luka bakar atau tersiram dengan air panas
6. mengobati diabetes
7. mengobati bisul
8. mengobati wasir
9. mengobati siphylis
10. mengobati radang tenggorokan
11. menurukan kadar gula darah
12. mengatasi batuk ( yang membandel )
13. mengatasi radang lambung


Double waw sekali bukan? Ternyata hal-hal yang sepele disekitar kita. memiliki manfaat yang sungguh besar. Allah SWT menciptakan alam untuk kita maka kita harus menjaganya dengan baik. dengan begitu khasiat-khasiat dari Alam bisa kita manfaatkan yang akan membentuk sisbiosis mutualisme antara manusia dan Alam

2 komentar: