Senin, 02 April 2012

Dialog Maling Kundang Versi 2012 :P

Maling Kundang

Tema : sosial
Alur : maju
Latar :
1.       Sekitar rumah maling kundang. daerah Padamara dekat Sungai Sawing , Sumatra Barat, Indonesia
2.       Pulau maling kundang terdampar
Tokoh-tokoh :
1.       Monologer
2.       Maling kundang
3.       Ibu Maling Kundang ( bu syahrini)
4.       Teman maling kundang ( gaston kastanyo )
5.       Istri maling kundang ( Dewi persisik )
6.       Ayah istri maling kundang ( syaiful jamil )
7.       Nelayan informan I ( sule )
8.       Nelayan informan II ( Andre )
9.       Nelayan informan III ( Aziz )
10.   Pembantu maling kundang ( Rudi Widodo)

Creator Team :
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.


NASKAH

Maling Kundang

Suatu hari di daerah Padamara dekat Sungai Sawing. Terdapat seorang anak muda yang baik hati dan sangat peduli dengan ibunya. Namun terjadi sesuatu hal yang membuat sifat brilian itu menjadi batu yang amat dia sesali. Apakah sebenarnya yang terjadi? Mari kita ke TKP.

Maling Kundang : bu’ aku mau bantu masak yah?
Bu syahrini          : oh silakan anakku, terima kasih yah nak, setiap hari kamu selalu bantu ibu
M.K                        : oh itu kewajibanku kok bu’. Ibu kan udah tua jadi wajar kalo saya yang mengerjakan semuanya, oh iya bu’ aku pengen loh pean itu bisa haji kayak mas anang hermansya gitu
Bu syahrini          : wah zow mahal toh lee,,, ibu gak punya uang dan kamu juga udah berusaha keras tapi buat makan saja udah susah kok malah haji toh lee
M.K                        : loh gak papa bu’. Kita makan kerikil goreng saja, terus uangnya ditabung untuk haji
Bu syahrini          : jangan toh lee,, ibu gak tega liet kamu makan kerikil terus, masih mending makan rumput lee,,bergizi dikit
M.K                        : Rumputkan agak mahal bu,, dan langkah. Rumput disekitar rumah juga udah dimakan sama si gaston
Bu syahrini          : iya sudah kalo gitu makan seperti biasa saja lee,, tidak haji juga tidak apa-apa lee,,

Kemudian gaston datang dengan mengetok pintu rumah maling kundang.
Gaston                 : assalamualaicummmm ????? maling~~~ kundang
M.K                        : wa’alaicum gaston~~~~ kastanyok. Ada apa bro?
Gaston                 : eh bro aku ada kabar yang amat hebat lohhh
M.K                        : oh iyah apakah itu bro??
Gaston                 : hummm kasing tau engak yachhhh???
M.K                        : ini aku kasih kamu  uang 10rb, tapi kasih infonya ton
Gaston                 : kagak ah,, 5rb deal gimana?
M.K                        : buset dah,, okey aku kasih kamu 5rb , nih. Apa infonya?
Gaston                 : aku ada lowongan kerja jadi pelancong dan petualang untuk mencari hart karun bajak laut jack sparrow. Kamu mau ikut ta? Nanti kamu bisa membiayai ibu kamu haji juga loh.
M.K                        : loh kok kamu tahu aku pingin berangkatin ibuku haji?
Gaston                 : iyah biasalah bro lihat facebook. Gimana mau gak?
M.K                        : oh iya yah, barusan aku pakai batu ini buat update status galau. Ummm gimana yach? Aku tanya ke mama aku dulu yah?
Gaston                 : oh okey deh kalo gitu cepat. Tanyakan itu tadi ke mama “sesuatu.”

Kemudian Maling kundang masuk lagi kerumah dan menuju dapur untuk menanyakan kepada ibunya

M.K                        : ibu aku mau tanya nihh
Bu syahrini          : tolong ambilkan ayam potong dikulkas depan dapur nak
M.K                        : (mengambil) ini bu. Bu aku mau tanya nih, si gaston ngajak aku kerja nih
Bu syahrini          : kerja apa sih lee?? Jangan bilang kalo gaston ngajak kamu kerja ama julia pesek lagi
M.K                        : bukan lah bu, si gaston kan baru putus ma jupes. Ini loh bu, si gaston ngajak aku berlayar untuk melancong plus berpetualang mencari harta karun jack sparrow biar kita kaya dan aku bisa haji’in ibu, gimana boleh gak bu???
Bu syahrini          : Ya Allah, itu kan berbahaya lee,, aku tidak mau kamu nanti seperti ayah kamu yang menghilang entah kemana. Ibu takut nak,,,
M.K                        : sudahlah bu, maling kan kuat dan maling pasti akan kembali dengan harta yang sangat banyak, sehingga ibu bisa pergi haji ke makkah. Nanti ibu bisa ikut rombongan K.H A’a gym.
Bu Syahrini          : sesuatu yach,,,, ya sudah kalo gitu nak aku izinin kamu untuk ikut
M.K                        : wah makacie yah bu’’’ bentar aku sms si gaston dulu ( sms gaston ) katanya besok kita akan berangkat ke samudra atlantik. Jam 6 pagi bu berangkatnya
Bu syahrini          : ya sudah kamu siap-siap yah nak, jangan lupa bawa SIM ( surat izin melancong )
M.K                        : okeh deh ibu
Ke’esokan hari dipelabuan

Gaston                 : maling kundang ayo
M.K                        : bu saya berangkat dulu yahhh, do’a kan saya mendapatkan apa yang kita harapkan.
Bu syahrini          : iyah nak, hati-hati yah nak (sambil menangis)

Kapal yang dinaiki oleh gaston dan Maling kundang pun berangkat.

Bu syahrini          : (menangis)
Sule                       : jangan khawatir bu dia anak yang baek dan bisa diandalkan
Andre                   : iyah bu, santai saja lah rileks. Mending sekarang kita main OVJ aja yuk
Aziz                        : Andre memang agak miring otaknya bu, mohon dimaklumi yah bu
BU syahrini         : hahaha makasih yah, sekarang saya mau mancing dulu.
Sule                       : WOW

Beberapa hari setelah pemberangkatan dikapal maling kundang dan Gaston terjadi hal yang sangat mengejutkan

M.K                        : oh tidakkkk, ada sebuah badai mendekat ke kapal kita
Gaston                 : aduhh bagaimana ini,, cepat naik helichopterdarurat maling
M.K                        : ayuk cepat, sepertinya itu badai jack sparrow
Gaston                 : iya sepertinya seperti itu, ayo kita kabur ( naik helichopter)
M.K                        : Gaston tunggu,, tali sepatuku terlepas
Gaston                 : ayo cepat Maling,, ya sudah kita terbang dulu nanti kamu akan menyusul kamu
M.K                        : woi apa-apa’an ini. Tokoh-tokoh di cerita ini pada geje semua termasuk aku . ahhhhhhhhhhhhhhhhhhh (terkena badai)

Sementara itu ibu maling kundang selalu bertanya kepada nelayan andre, sule dan aziz. Ibu syahrini bertanya tentang kabar maling kundang.
Bu syahrini          : Pak andre, sule , aziz. Bagaimana kabar anak saya? Apakah ada kabar gembira?
Andre                   : belum ada bu, sabar yah...
Selu                       : iyah yang sabar
Aziz                        : hu um bu, be patient

Ke’esokan harinya pun bu syahrini bertanya tentang kabar anak nya

Bu syahrini          : Pak andre, sule , aziz. Bagaimana kabar anak saya? Apakah ada kabar gembira?
Andre                   : belum ada bu, sabar yah...
Selu                       : iyah yang sabar
Aziz                        : hu um bu, be patient

Ke’esokan harinya pun bu syahrini bertanya lagi tentang kabar anak nya

Bu syahrini          : Pak andre, sule , aziz. Bagaimana kabar anak saya? Apakah ada kabar gembira?
Andre                   : belum ada bu, sabar yah...
Selu                       : iyah yang sabar
Aziz                        : hu um bu, be patient
Andre                   : kok diulang-ulang sih dialognya?
Bu syahrini          : tanya saja ke penulis naskanya
Gaston                 : (tiba-tiba datang dan berterik-teriak) ibu syahriniiiiii
Bu syahrini          : hah? Gaston balik? Maling kundang gimana??
Gaston                 : maaf bu, maling kundang hilang
Bu syahrini          : OH MY GOD, Ya Allah,,,, malinggg kundanggggg anakku

Tidak lama kemudian terdengar suara pesawat mewah mendarat di pelabuhan itu. Dan keluarlah seorang maling kundang beserta istrinya, dewi persisik dan ayah dewi persisik, syaiful jamil dan seorang pengemudi pesawat yang namanya tidak penting untuk disebutkan Rudi
Bu syahrini                          : maling kundang ????
Maling kundang                                : siapa yah kamu? Kamseupay banget sih
Dewi persisik                     : chibi-chibi-chibi hak hak hak hak.. ichhhh sapa sihhh ini kok kenal sama kamu yank?
Saiful jamil                          : ayo cari tukang pijet. Kata kamu disini ada tukang pijet yang terkenal
Rudi                                       : itu dia orangnya pak, namanya bu syahrini
Saiful                                     : wah mantap
Bu syahrini                          : maling kundang anakku, apakah kau lupa ibu nak???
M.K                                        : apah? Ibu?? Ibuku itu mukanya seperti asyanti. Bukan muka-muka sesuatu seperti ini. Cuih ( sambil meludah ke ibu maling kundang) masak orang ganteng kayak gini, tapi ibunya kayak gitu
Bu Syahrini                          : anakku terkutuk kau,, kau akan jadi batu
M.K                                        : nih makan batu sendiri (menyuapkan batu ke bu syahrini), ayo yank, kita balik saja ke rumah
D.P                                         : chibi chibi chibi ayukkk yankkk, mari pa
Bu syahrini                          : Ya Allah kenapa dengan anakku. Kau akan jadi batu anakku

Maling kundang pun pergi begitu saja. Maling kundang telah terlena oleh kekayaan yang ia dapat sehingga dia meluakan ibunya yang sangat berjasa untuknya, kemudian terjadi sebuah badai dan pesawat yang dinaiki maling kundang pun jatuh dan maling kundang menjadi batu.

Dari kisah maling kundang versi 2012 ini kita bisa mengambil pelajaran. Kita harus menurut dengan apa punya yang dikatakan oleh orang tua kita, jika kita membantah mereka, maka kita akan menertima akibat yang amat fatal. Orang tua kita adalah orang yang melahirkan kita, jika kita tidak menuruti mereka, maka kita akan menjadi anak yang durhaka.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar