Sabtu, 09 Februari 2013

pengertian dan penjelasan Portofolio



Kurikulum 2004 yang berbasis kompetensi, mengembakan berbagai kecakapan hidup siswa untuk itu diperlukan berbagai penilaian. Untuk mengungkap kemampuan siswa secara menyeluruh diperlukan antara lain ; tugas individu, tugas kelompok, PR, ulangan harian, kuis, ujian blok dan portofolio.

Marsh(1999) mengindanfikasikan tugas peneilaian sebagai berikut ;portofolio, bermain drama, mengarang, mendesain, investigasi, presentasi, proyek, study lapangan, problem solving, menyusun peta, diskusi panel, simulasi, menulis puisi/lagu, menyanyi, pameran, praktikum.

Kurikulum 2004 menggunakan prinsip pembelajran tuntas oleh karena itu portofolia sebagai salah satu cara penilaian harus mampu mengunkap pencapaian standar kompetensi dan kompetensi dasar setiap siswa. Oleh karena itu penilaian, termasuk portofolia sebaiknya dikembangkan secara individu.
Pengertian portofolio adalah folder atau dokumen yang berisi contoh hasil karya siswa yang menurut siswa berarti, karya terbaik, faforit, sulit dan menyentuh.

Pentingnya portofilio :
1.        memungkinkan siswa untuk merefleksi
2.       Memilih hasil karya sendiri
3.       Mampu menunjukan kemampuan
4.       Member gambaran atas apa yang dilakukan siswa
5.       Guru mengetahui hasil belajar siswa
6.       Bukti otentik

Ciri portofilio yang baik :
1.       Merefleksikan kejadian siswa
2.       Menunjukan bukti perkembangan
3.       Mengungkapkan proses
4.       Membantu siswa belajar
5.       Memungkinkan dialog antara siswa dengan guru

Macam-macam protofolio
Berdasarkan sisinya, jenis portofolio dibedakan menjadi 2 macam, yaitu portofolio semua pelajaran dan portofolio satu mata pelajaran
A.      Portofolio untuk semua mata pelajaran : portofolio ini berisi hasil karya siwa dari berbagai mata pelajaran, biasanya dipakai di tingkat SD karena guru terkadang mengajar banyak mata pelajaran. Jika di SMP dilimpahkan ke wali kelas akan tetapi akan mengalami kesulitan menilai pencapaian kompetensi mata pelajaran yang bukan bidangnya.
B.      Portofolio untuk satu mata pelajaran : protofolio ini disusun untuk satu mata pelajaran dan biasanya dilakukan di tingkat SMP atau SMA.

Isi portofolio
Secara umum isi portofolio meliputi hal-hal berikut :
1.       Halaman muka dengan identitas siswa
2.       Daftar isi
3.       Hasil karya siswa
4.       Lembar catatan dan komentar guru
5.       Lembar penilaian diri oleh siswa
6.       Lembar penilaian dan criteria penilaiannya.

Langkah membuat portofolio adalah berikut :
1.       Perencanaan portofolio
2.       Penentuan tugas portofolio
3.       Pembuatan folder portofolio
4.       Pembuatan lembar dialog portofolio
5.       Penilaian diri
6.       Dialog portofolio
7.       Penyimpanan portofolio
8.       Penilaian portofolio

1 komentar: