Jumat, 02 Maret 2012

Pastikan dulu sebelum bertindak


Pemuda lebih mengutamakan emosi dibandingkan dengan berfikir tenang, dari dulu hingga sekrang pun kalimat itu masih melekat dibenak masyakat indonesia. Bayangkan saja, peristiwa rengasdengklok yang paling bersejarah itu dipelopori oleh anak-anak muda yang ingin cepat-cepat mendapatkan kemerdekaan,lalu apakah itu salah? Tidak , itu tidak salah kok. Justru hal seperti itulah yang membuat kita sekrang menjadi merdeka, namun tidak semua tindakan yang mengutamakan emosi itu benar. Bukti dari tidak semua tindakan yang mengutamakan emosi itu tidakselalu benar adalah kekerasan pelajar , kekerasan geng motor, dll.

Berfikir dulu sebelum bertindak”ialah sebuah kalimat yang selalu dilontarkan kepada anak muda. Iya memang tidak bisa dielak juga sih karena kita anak-anak muda masih dalam masa perkembangan. Perkembangan adalah keseluruhan proses perubahan dari potensi yanf dimiliki individu dan tampil dalam kualitas kemampuan, sifat dan ciri-ciri yang baru.diawali dari saat pembuahan dan berakhir dengan kematian(hawadi;2001). Nah jika ditengok seperti itu maka masa muda adalah masa transisi antara tidak matang menjadi matang

Emosi anak muda lebih identik dengan masalah yang ada pada hubungan percintaan mereka,ketika seorang pemuda melihat wanita yang disukai ternyata sedang ngobrol berdua didepan rumahnya  sama cowo lain. Pasti dengan semangat pemuda ini akan merasakan yang namanya kepedihan,namun jika kepedihan atau “pain” ini dialihkan menjadi sisi positif maka kita pasti bisa mendapatkan manfaat dan berkah yang lebih dengan masalah yang kita hadapi seperti contoh pemuda yang telah saya paparkan. Pemuda ini tidak marah-marah karena hubungan status dia dan wanita yang dia sukai adalah teman, jadi ya dia berfikir jernih dan memahami bahwa wanita itu bukan yang cocok untuk dia. Yahhh saya setuju hahaha. Jumlah wanita kan lebih banyak dibandingkan dengan jumlah laki-laki jadi gak perlu kawatir kehabisan stok wkwkwkwkw.

Sama dengan memilih pacarlah, kalau anda asal pilih saya nanti anda juga yang susah karena kalau anda sembarangan pilih pacar. Nanti bisa-bisa malah menganggu pelajaran anda dengan tuntutan-tuntutan yang tidak jelas, akibatnya membuat anda emosi dehhhh.

Setidaknya jika anda dalam situasi yang benar-benar membuat darah anda naik dan muka anda menjadi buah apel merah maka cobalah mengambil nafas sejenak dan membaca al-fatihah 3 kali, kemudian anda boleh meluapkan emosi anda,saya yakin yang terjadi adalah emosi kecil bukan emosi besar yang meledak seperti bom atom yang kurang mangsa. :D

PENYESALAN DARI EMOSI AKAN ANDA DAPATKAN SETELAH EMOSI ANDA REDAH


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar