Selasa, 02 Oktober 2012

Sejarah Pendidikan Dunia


Sejarah Pendidikan Dunia



1.Awal mula pendidikan, dimulai dari pendidikan di mesir atau yang dulunya dikenal sebagai “Eghypt”. Zaman ini juga bisa dikenal sebagai mysophitamia
2.perkembangan pendidikan di india dan cina pada 6 BC dan 5 BC (before century) atau sebelum masehi
3,4 BC, merupakan pendidikan di Negara yunani. Yang mana pada masa itu guru tertinggi yang ada di Athena adalah soucrates. Dia tidak punya sekolah namun dia membuat orang-orang berfikir dengan bertanya kepada orang-orang tentang “ perbedaan antara benar dan salah”, “ perbedaan cantik dan jelek”, dll. Ada seorang tokoh lagi dari yunani yang cukup terknal, yaitu, plato, Aris thotheles. Yang mempunyai sebuah skolah yang mana bernama plato academic. Sekolah ini mengejarkan bagamana cara untuk berfikir benar.
4.sekolah dari roma kuno. Pada masa Berjayanya roma, roma menjajah wilayah yunani yang mana merupakan sumber dari pendidikan di Eropa. Karena orang-orang roma memiliki otot yang lebih kuat dari pada yunani yang hanya menguatkan otak. Secara otomatis roma menang dalam perang tersebut. Dimasa roma Berjaya, mereka hanya menyiapkan leadership atau kemampuan kepemimpinan yang bagus disekolah-sekolah yang ada, namun roma merubah system pemerintahan menjadi system kekaisaran atau kerajaan. Alhasil, pengolahan leadership pun menjadi tidak berguna dan banyak sekolah yang tutup karena tidak mendapatkannya biaya. Hanya beberapa saja yang masih buka. Karena minimnya sekolah, sampai-sampai seorang raja tidak bisa membaca. Akantetapi masih ada sebuah perpustakaan yang amat besar yang dikuasai oleh orang yunani yang bernama Alexandria.
School of Middle Ages
5.ketika kerajaan roma pecah, maka jatuhlah kerajaan roma. Alhasil merekapun tak sanggup untuk membayar guru. Hanya sedikit penduduk yang memiliki pendidikan formal, bahkan raja tidak bisa menulis dan membaca. Ada seorang raja yang tertarik pada pendidikan, ia adalah chareme, seorang raja yang membuat sekolah di istananya, namun ketika ia wafat, sekolah tersebut ditutup. Inilah zaman kebodohan yang bisa disebut juga zaman jahiliyah.
6.sebelum tahun 800, orang-orang muslim sudah menjelajah ke barat(eropa), dengan membawa ilmu juga. Dan pada saat itu dunia pun mulai terbuka matanya dengan pendidikan. Secara perlahan-lahan orang-orang eropa menyadari kalau ilmunya kurang. Orang-orang eropa itu pun pergi ke segala arah untuk menemukan ilmu-ilmu yang kurang itu
7.Rebirt, terjadi perubahan besar pada pendidikan 1255 dengan ditemukannya mesin cetak abad tengah pun berakhir. Orang-orang bisa menulis dan membaca dengan layak.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar