Rabu, 08 Februari 2012

BELAJAR DAN PEMBELAJARAN


 banyak orang yang menggunakan belajar dan melakukan pembelajaran, artikel rangkuman yang saya buat ini biasanya pasti akan berguna untuk peserta didik maupun guru sebagai pendidik, silahkan baca :D

A.      Definisi Belajar
Definisi belajar adalah : proses / kegiatan yang mengubah dari yang tidak tahu menjadi tahu dan yang tahu menjadi lebih tahu
Pembelajaran adalah usaha nyata untuk membuat peserta didik belajar
Definisi belajar menurut islam adalah merupakan sebuah karunia Allah yang mampu membedakan manusia dengan makhluk yang lain, dengan Allah menghadiahkan akal kepada manusia untuk mampu belajar dan menjadi pemimpin di dunia ini.
Urutan tingkat kemampuan belajar dari yang terendah sampai yang tertinggi :
1.      Mengetahui
2.      Memahami
3.      Menerapkan
4.      Analisi
5.      Sintesis
6.      Evaluasi
Pembelajaran merupakan sebuah system :
1.       By design : dengan suatu rancangan
2.       By condetiation : dengan memanfaatkan apa yang ada
Di masa kini banyak penyuluhan-penyuluhan / sosialisasi tentang 2 aliran dalam pembelajaran. 2 aliran tersebut yaitu :
1.       Aliran behavioristik : aliran yang menganggap bahwa siswa belajar harus mengikuti apa yang guru kata kan dan menjiplak dengan apa yang guru terangkan dengan mengesahkan suatu sumber belajar yang tetap

2.       Aliran konstruktif : aliran yang belajarnya tidak menggunakan 1 sumber saja melainkan dari beberapa sumber dan peserta didik dituntut untuk mengolah sendiri informasi yang dia baca, sehingga pemahaman tentang informasi itu tidak sama
Perbedaan aliran behavioristik dan konstruktif
Behavioristik
Konstruktif
Belajar adalah mengetahuan objektif & tetap
Belajar adalah pengetahuan non-objektif
Pengetahuan terstruktur dengan rapi
Peserta didik menyusun kreatifitas struktur pengetahuannya
Siswa memiliki pemahaman yang sama
Siswa memiliki pemahaman yang berbeda
Mind control berfungsi untuk menjiplak ilmu dari guru atau sumber belajar
Mind control berfungsi untuk mengintergrasi pengalaman dan pengetahuan yang didapat di dunia nyata


B.      Perencanaan Pengajaran dalam Pembelajaran
Tujuan, isi, sumber, kegiatan teori, evaluasi . lima hal itu lah yang harus diperhatian dalam perencanaan pengajaran dala pengajaran dan untuk prinsip-prinsip pembelajaran meliputi : kondisi siswa, kurikulum, waktu, urutan kegiatan yang sistematis, lembar kerja siswa, fleksibilitas

C.      Desain Pembelajran
Untuk desain-desain pembelajaran beserta isi  kelemahan dan kelebihannya telah saya post di entri berikut ini

D.      Konsep Dasar Evaluasi Belajar dan Pembelajaran

-          Pengertian evaluasi dalam belajar dan pembelajaran : merupakan kegiatan yang memberikan nilai kepada suatu tujuan, kegiatan, hasil, rancangan, dll dalam belajar dan pembelajran yang dilakukan dengan penilaian .

-          Evaluasi hasil belajar tujuan utamanya untuk mengetahui tingkat keberhasilan siswa dalam proses belajar. Hasil kegiatan evaluasi difungsikan & ditujukan untuk : 1. Mengetahui kelebihan dan kekurangan, 2. Untuk seleksi, 3. Untuk menempatkan siswa, 4. Untuk kenaikan kelas

-          Sasaran evaluasi hasil belajar adalah 3 ranah yang ada didalam siswa yaitu kognitif, afektif dan psikomotori hal itu meliputi :
                Kognitif : mengetahui, memaknai, menerapkan, analisis, sintesis, evaluasi
                Afektif : menerima, merespon, menilai, mengorganisir, karakteristik
                Psikomotorik : persepsi, kesiapan, gerakan terbimbing, gerakan terbiasa, gerakan            komplek, penyesuaian, kreatifitas

-          Prosedur untuk melakukan evaluasi : persiapan, penyusunan instrument evaluasi, pelaksanaan, pengolahan hasil, penagsiran hasil, pemaparan & penggunaan hasil.

-          Evaluasi hasil pembelajran adalah suatu proses untuk mengetahui tingkat nilai, jasa atau manfaat pembelajaran memalui suatu penilaian, tujuannya untuk pengembangan dan akreditasi

-          Sasaran evaluasi pembelajaran : tujuan pembelajaran, dinamis pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, kurikulum pembelajaran

E.       Masalah-masalah dalam Pembelajaran

-          faktor intern adalah faktor yang bersumber dari diri sendiri, meliputi : sikap belajar, motivasi, penyimpanan hasil belajar, penggalian hasil belajar, cita-cita, rasa percaya diri, kemampuan berprestasi, kebiasaan belajar, keberhasilan belajar

-          faktor ekstern adalah faktor yang bersumber dari luar, meliputi : guru, sarana pembelajaran, kurikulum, lingkungan siswa, kebijakan penilaian.

-          Cara menentukan masalah siswa : mengamati perilaku siswa, analisis hasil belajar, hasil tes belajar

F.       Belajar dan Pengembangan Kurikulum
-          Kurikulum adalah seperangkat rencana dan mengaturan serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan belajar dan mengajar

-          Konsep kurikulum : kurikulum sebagai jalan meraih ijazah, kurikulum sebagai isi pelajaran, kurikulum sebagai rencana pembelajaran, kurikulum sebagai hasil belajar, kurikulum sebagai pengalaman belajar.

-          Landasan pengembangan kurikulum : landasan filosofis, landasan social budaya agama, landasan ilmu pengetahuan teknologi dan seni, landasan kebutuhan masyarakat, landasan pertumbuhan masyarakat.

-          Komponen pengembangan kurikulum menurut herrick : tujuan, mata pelajaran, metode, organisai, evaluasi.

-          Prinsip-prinsip pengembangan kurikulum : prinsip relevansi ( keselarasan), prinsip kontinuitasi (berlanjut, berkesenimbungan), prinsip fleksibilitas ( sesuai dengan sikon)

G.     Motivasi Belajar
-          Motivasi belajar adalah dorongan untuk melakukan suatu proses belajar yang didorong dari internal maupun eksternal

-          Pentingnya motivasi bagi siswa : 1. menyadarkan kedudukan pada awal belajar, proses dan akhir belajr, 2. Menginformasikan tinggkat kesulitan belajar, 3. Mengarahkan kegiatan mengajar, 4. Memperbesar semangat belajar, 5. Mengadakan untuk perjalanan belajar

-          Pentingnya motivasi bagi guru : 1. Membangkitkan & memelihara semangat siswa untuk belajar, 2. Memahami motivasi belajar siswa, 3. Mengingkatkan dan mengadakan guru tentang macam-macam peranan guru, 4. Memberi peluang guru untuk unjuk kerja

-          Jenis motivasi ada 2, yaitu : motivasi primer & motivasi sekunder. Motivasi primer adalah motivasi yang didasari pada motif-motif dasar dari segi jasmani biologis manusia dan kepuasan, sedangkan motivasi sekunder adalah motivasi yang didasari untuk mendapatkan suatu pengakuan dan sesuatu dari sekitarnya

-          Sifat motivsi ada 2, yaitu : motivasi internal & motivasi eksternal. Motivasi internal yaitu motivasi yang dating dari diri sendiri, sedangkan motivsi eksternal adalah motivasi yang dating dari luar


-          Unsur-unsur yang mempengaruhi motivasi : cita-cita, kemampuan, kondisi siswa, kondisi lingkungan, unsure-unsur dinamis dalam belajar dan pembelajaran, upaya guru dalam membelajarkan siswa.

-          Upaya meningkatkan motivasi belajar : optimalisasi penerapan prinsip belajar, optimalisasi unsur dinamis belajar dan pembelajaran, optimalisasi pemanfaatan pegajaran dan kemampuan siswa, optimalisasi pengembangan cita-cita dan aspirasi belajar


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar