Senin, 27 Februari 2012

Degradasi Moral Melalui Game Online (Versi terciptanya zombie 2012)

Degradasi Moral Melalui Game Online (Versi terciptanya zombie 2012)

Lagi dan lagi suatu masalah yang tercipta karena derasnya era globalisasi. Akses internet sekarang bukanlah suatu hal yang mewah,. Sekarang hanya dengan Rp 50.000 saja, anda dapat menikmati akses internet sendiri di rumah anda masing-masing tanpa harus susah-susah ke warnet untuk mendapatkannya. Kemajuan teknologi seperti ini disambut positif oleh beberapa kalangan namun bagi kalangan orang tua, hal ini bagaikan pedang tajam yang mana jika disalah gunakan penggunaannya maka akan berbahaya bagi pengguna ataupun bagi orang lain.

Mari kita tengok warnet-warnet yang ada di sekitar anda. Disana anda akan menemukan adik-adik kita yang sedang asik bermain game, baik itu game online maupun game offline. Sejenak pengamatan anda tidak akan menemukan sesuatu yang salah namun ketika anda mengamati agak lama, anda akan menemukan sesuatu yang mengejutkan. sesuatu yang mengejutkan itu adalah perilaku yang terbentuk ketika bermain game online.

Perilaku yang terbentuk dari game bukanlah perilaku yang bagus, mereka serasa termakan dan hanyut dalam arus manipulasi game maya yang membuat mereka kehilangan kendali sadar hingga seperti orang yang terinfeksi narkoba. Ketika gamers bermain dan tidak bisa mengendalikan perasaan dan keinginan untuk bermain, itu mengartikan bahwa orang ini sudah dibutakan oleh game dan dampaknya sangat buruk sekali dan Orang-orang yang memainkan game seharian dan fikirannya masuk dalam game maya disebut juga dengan Zombie 2012 karena kerjanya hanya duduk+ main, makan, mandi, main+ duduk lagi.
Berikut adalah dampak-dampak negativenya:

1.       Emosi yang harusnya bisa lebih tenang dan tidak mudah meledak menjadi cepat meledak dan tak terkendali , hal ini terjadi karena adanya keinginan untuk selalu menjadi nomor 1 dan menang, tanpa usaha yang real dan nyata.ingin menjadi yang terbaik namun hanya duduk-duduk saja, itu imposible. Ketika ada yang melebihi kekuatannya yang ada digame itu maka hasrat yang besar akan mendorong si pemain untuk selalu fokus pada game seakan-akan game adalah kehidupannya nyata yang harus disukseskan padahal game hanyalah dunia maya yang tidak jelas kelanjutannya.

2.       Termakan oleh dunia maya, anda akan merasa hidup dalam game itu karena andalah penggerak dari game itu. Waktu anda akan terbuang sia-sia, waktu yang harusnya dihabiskan bersama kekasih anda atau sahabat anda akan anda gunakan untuk mengerjakan sesuatu yang tidak jelas kelanjutannya. tak hanya itu, uang pun akan anda buang dengan sia-sia.

3.       Gangguan kesehatan, hal ini jelas sekali, jika kita hanya duduk seharian tanpa melakukan apa-apa maka kita akan mengalami gangguan kesehatan apalagi adanya paparan radiasi dari layar monitor, hal ini akan makin menganggu kita karena bisa membuat mata kita bermasalah.

4.       Kuper ( kurang pergaulan), bermain game online hanya akan bergaul dengan orang-orang yang tidak nyata yang mana mempunyai sifat-sifat yang maya dan kebanyakan adalah orang-orang yang berhati jelek karena di dunia maya tidak akan ada yang namanya hukuman seperti dunia nyata dan anda pun hanya akan bisa diam ketika ada orang lain yang bertindak kasar berupa kata-kata maupun perilaku maya. Untuk orang yang sudah dewasa, hal seperti ini bukanlah masalah tapi untuk orang yang tidak dewasa maka orang ini akan marah-marah pada monitor dan menyiksa hatinya yang niatnya mencari senang tapi justru dapat kecewa. Waw sunggu kasihan. Hampir 95% zombie 2012 bukanlah orang yang dewasa

5.       Gangguan psikologi. Dilihat dari dampak-dampak negatif yang telah saya paparkan diatas maka akan jelas bahwa akan terjadi gangguan psikologi dalam kehidupan zombie 2012, amat banyak sekali gangguan psikologi yang terjangkit, seperti : over shy (terlalu malu), speakless (gak bisa ngomong banyak), low intelegent ( gak pintar), dll

Memang di artikel sebelumnya saya telah mengungkapkan bahwa game itu mendidik namun itu semua tergantung pemakaiannya, jika anda memakai dan memainkan game terlalu berlebihan maka game akan menjadi pedang tajam yang berbahaya bagi diri anda sendiri namun jika anda memainkan game secara maksimal dan secukupnya maka game akan menjadi perisai tebal bagi anda. Segala sesuatu yang berlebihan itu tidak baik.





Tidak ada komentar:

Poskan Komentar