Jumat, 17 Agustus 2012

Gemilang unik di Ramadhan 1433 H


Gemilang unik di Ramadhan 1433 H

Ramadhan merupakan bulan yang sangat ditunggu-tunggu oleh para muslim di seluruh dunia. Semua muslim memiliki ciri khas tersendiri dalam merayakan bulan ramadhan. Berkah yang diterima dari bulan ramadhan memiliki makna yang berupa fisik maupun mental. Banyak sekali kalangan masyarakat yang menerima dampak positif dari ramadhan 1433 H ini. Meski berapa masyarakat masih melakukan aktifitas-aktifitas penyimpangan, namun dari tindakan perspektif yang dilakukan oleh masyarakat dan petugas yang berwenang memang sudah cukup baik. Hal ini membuat ramadhan 1433 H menjadi lebih gemilang dan unik.

Tiap muslim dari negara lain punya cara sendiri dalam meramaikan ramadhan. Di amerika serikat para muslim berkumpul di the Islamic Center  Washington di salah satu bagian kota yang paling elegan yaitu Embassy Row.(voanews.com). meskipun sejak terjadinya serangan pada tanggal 11 september 2001, namun mereka tetap semangat dalam menjalani ibadah dibulan ramadhan. Jika di amerika bulan ramadhan merupakan bulan yang sibuk artinya tidak ada liburan bagi para muslim, maka ini pasti berbeda dengan bulan ramadhan di negara muslim. Di negara muslim bulan ramadhan dimeriahkan dengan liburan baik bagi para pekerja maupun pelajar. Kemeriahan-kemeriahan seperti terbukanya pasar ramadhan yang hanya buka selama 1 bulan dalam 1 tahun, kemudian buka gratis di masjid-masjid terkemuka, banyaknya penjual takjil, tadarus rutin,dll. Menjadi ciri khas dari ramadhan yang dimiliki oleh indonesia.

Para masyarakat yang melaksanakan puasa dibulan ramadhan sama sekali tidak mengurangi aktifitas kerja keras mereka dalam meraih berkah di bulan ramadhan. Pasar ramadhan yang digelar oleh pemerintahan setempat pun ramai sekali. Toko baju yang biasanya memiliki pengunjung tidak begitu, karena adanya ramadhan pengunjung pun menjadi sangat banyak sekali. Bahan-bahan makanan menjadi amat diminati oleh para masyarakat, memberikan rezeki bagi para pedagang. Cara menahan lapar dan dahaga pun diikuti dengan ketahanan hati kita dalam menghadapi sebuah masalah. Dengan ramadhan ini, hati kita bisa menahan ejekan, lebih dewasa, lebih terkontrol. Pasalnya, makanan dan minuman mempengaruhi emosi manusia.

Di bulan ramadhan 1433, masyarakat enggan untuk melakukan aktifitas-aktifitas negatif. Ini adalah hasil dari melekatnya budaya ramadhan di negara-negara muslim.  Polisi pun tak henti-hentinya untuk menertibkan masyarakat-masyarakat yang melakukan penyimpangan-penyimpangan dibulan ramadhan 1433 H ini.

Ramadhan 1433 H ini, menjadi ramadhan yang sangat baik dan kita akan membuat ramadhan ditahun selanjutnya lebih baik lagi agar kita termasuk golongan orang yang beruntung.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar