Senin, 13 Agustus 2012

Hal-Hal yang Dapat Menghapuskan Dosa


Hal-Hal yang Dapat Menghapuskan Dosa

Setiap manusia pasti pernah melakukan dosa, tapi bukan berarti manusia harus pasrah dengan dosa yang ia miliki, ia harus melakukan hal-hal yang dapat menghapus dosa agar terhindari dari api neraka. Semakin tua seseorang harus menjadi semakin jauh dari dosa dan banyak-banyak melakukan hal-hal yang dapat menghapuskan dosa. Dengan umur yang bertambah artinya dosa dan pahala pun menjadi pilihan untuk kita. Tua atau muda wajib untuk melakukan hal-hal ini jika ingin jauh dari neraka dan dekat dengan rahmat Allah. Berikut ini adalah beberapa hal yang dapat menghapuskan dosa :



1.       Melakukan ibadah di bulan puasa. Bulan puasa adalah bulan yang penuh berkah bagi umat nabi Muhammad. Dengan banyaknya kegiatan-kegiatan religi yang diselengarakan oleh elemen-elemen masyarakat akan mempermudah ibadah di bulan puasa. Bulan yang sangat indah dan amazing ini amat disayangkan kalau dibuat untuk hal-hal yang tidak bermanfaat.
2.       Menyempurnakan wudhu dengan wudzu yang sempurna maka solat pun juga akan bisa sempurna
3.       Puasa arafah,
4.       Menolong orang yang sedang dalam kesulitan, manusia adalah makhluk sosial yang membutuhkan satu sama lain. Oleh karena itu jika kita memberi pertolongan baik berupa fisik atau mental, pertolongan itu akan membawa hal baik bagi kita
5.       Menyempurnakan solat lima waktu
6.       Berjihad, berjihad tidak selalu identik dengan perang. Memperjuangkan pondok pesantren atau ikut mengurusi sebuah masjid merupakan jihad cara modern yang dewasa kini mulai diminati oleh banyak kaum.

Sebenarnya masih banyak sekali hal-hal yang bisa menghapuskan dosa kita. Pada intinya hal-hal yang bisa menghapuskan dosa adalah perbuatan baik yang membawa pahala yang memang dilakukan semata-mata untuk mengabdi dan beribadah kepada Allah SWT.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar