Pengertian Penilaian dan Kisi-kisi beserta penjelasan
Penilaian adalah kegiatan untuk mengetahui apakah suatu
program telah berhasil dan efisien. Fungsi dan kegunaan dari penilaian adalah
untuk mendapatkan umpan balik serta untuk pengambilan keputusan mengenai siswa,
metode bahan pembelajaran dan program itu sendiri.
Jenis dan Bentuk penilaian ada 2 , yaitu :
1.
Penilaian kemajuan belajar adalah upaya
pengumpulan informasi tentang kemajuan belajar siswa.
2.
Penilaian hasil belajar adalah upaya pengumpulan
informasi untuk mengetahui seberapa jauh pengetahuan, kemampuan dan ketrampilan
yang telah dicapai oleh siswa.
Pada penilaian hasil belajar terdapan pembobotan untuk
pelajaran bahasa inggris yaitu : keterampilan membaca 40, menyimak 20,
berbicara 20, menulis 20.
Prinsip-Prinsip dasar penulisan tes ada 3 yaitu : validity
(sahih), reliability (handal), usability (kepraktisan)
Validity merupakan prinsip alat ukur yang mengukur apa yang
harus diukur bukan yang lain. Arti kata hanya menggunakan 1 saja objek. Reading
ya reading saja (content validity). Tampilan yang bagus juga mempengaruhi
validity ( face validity), gaya tata bahasa pun ikut mempengaruhi validity (
construct validity).
Reliability ( handal) adalah alat ukur yang meliputi
ketepatan/kecermatan dan kestabilan hasil belajar siswa. Jika diteskan pada
kelas yang lain dengan waktu dan jumlah yang sama, maka kestabilan dari kelas
ke kelas mempengaruhi reliability. Ada 2 macam reliability yaitu : relability
internal ( tingkat homogenitas butir-butir soal sebuah tes baik dari segi
tingkat kesukaran maupun bentuk soal/prosedur menjawabnya. reliability eksternal
adalah tingkat skor yang sama yang dihasilkan dari penyajian sebuah tes kepada
sekelompok siswa.
Usability (kepraktisan) adalah prinsip yang menyangkut
kemudahan tes dalam penyelenggaraannya yang meliputi administrasi, peralatan,
dll.
Penyusunan Kisi-Kisi
Kisi-kisi adalah suatu format yang memuat criteria tentang
soal-soal yang diperlukan atau hendak disusun. Atau sebuah guide line about how
to write a test. Kegunaan kisi-kisi adalah guide to write the text atau panduan
untuk menulis soal. Syarat-syarat dari kisi-kisi adalah :
-
Dapat mewakili isi kurikulum secara tepat
-
Komponen-komponennya jelas dan mudah dipahami
-
Komponen-komponennya memuat semua segi yang
diperlukan dan rinci
-
Dapat dipenuhi/ dilaksanakan soal-soalnya.
Kisi-Kisi Tes Hasil Belajar
Jenjang sekolah:
Mata pelajaran :
Kelas/prog/cawu:
Tahun pelajaran:
Jumlah soal :
Waktu :
No
|
Tujuan keteramplan bahasa
|
Tema/pkok bahasan
|
Uraian materi
|
Bahan kls/cawu
|
indikator
|
Bntuk soal
|
Jmlah soal
|
No soal
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Pemanfaatan hasil belajar dapat dimanfaatkan oleh siswa,
guru, kepala sekolah, pengawas, pengelola pendidikan, orang tua siswa, dan
lain-lain.
1.
Manfaat penilaian bagi siswa :
Meningkatkan motivasi
Mengetahui kekuatan dan kelemahan
Mengetahui penguasaan bahan
2.
Manfaat hasil penilaian bagi guru :
Mengetahui penguasaan bahan bagi siswa
Mengetahui kemampuan siswa
3.
Manfaat hasil penilaian bagi kepala sekolah :
Mengetahui hasil belajar siswa secara
keseluruhan
Membandingkan hasil belajar dari tahun ke
tahun
4.
Manfaat bagi pengelola pendidikan :
Apakah program sudah tepat
Apakah sarana dan prasarana sekolah sudah
memadai
Apakah metode penyajian sudah diajarkan
dengan benar
Apakah evaluasi untuk mengungkap perolehan
belajar siswa dipergunakan dengan tepat
makasih buat pedoman saya sebagai calon guru
BalasHapustks.. kutip tentang kisi-kisi soal
BalasHapus