Minggu, 04 November 2012

Pengertian Penilaian dan Kisi-kisi beserta penjelasan


Penilaian adalah kegiatan untuk mengetahui apakah suatu program telah berhasil dan efisien. Fungsi dan kegunaan dari penilaian adalah untuk mendapatkan umpan balik serta untuk pengambilan keputusan mengenai siswa, metode bahan pembelajaran dan program itu sendiri.



Jenis dan Bentuk penilaian ada 2 , yaitu :

1.       Penilaian kemajuan belajar adalah upaya pengumpulan informasi tentang kemajuan belajar siswa.

2.       Penilaian hasil belajar adalah upaya pengumpulan informasi untuk mengetahui seberapa jauh pengetahuan, kemampuan dan ketrampilan yang telah dicapai oleh siswa.
Pada penilaian hasil belajar terdapan pembobotan untuk pelajaran bahasa inggris yaitu : keterampilan membaca 40, menyimak 20, berbicara 20, menulis 20.

Prinsip-Prinsip dasar penulisan tes ada 3 yaitu : validity (sahih), reliability (handal), usability (kepraktisan)
Validity merupakan prinsip alat ukur yang mengukur apa yang harus diukur bukan yang lain. Arti kata hanya menggunakan 1 saja objek. Reading ya reading saja (content validity). Tampilan yang bagus juga mempengaruhi validity ( face validity), gaya tata bahasa pun ikut mempengaruhi validity ( construct validity).

Reliability ( handal) adalah alat ukur yang meliputi ketepatan/kecermatan dan kestabilan hasil belajar siswa. Jika diteskan pada kelas yang lain dengan waktu dan jumlah yang sama, maka kestabilan dari kelas ke kelas mempengaruhi reliability. Ada 2 macam reliability yaitu : relability internal ( tingkat homogenitas butir-butir soal sebuah tes baik dari segi tingkat kesukaran maupun bentuk soal/prosedur menjawabnya. reliability eksternal adalah tingkat skor yang sama yang dihasilkan dari penyajian sebuah tes kepada sekelompok siswa.

Usability (kepraktisan) adalah prinsip yang menyangkut kemudahan tes dalam penyelenggaraannya yang meliputi administrasi, peralatan, dll.

Penyusunan Kisi-Kisi
Kisi-kisi adalah suatu format yang memuat criteria tentang soal-soal yang diperlukan atau hendak disusun. Atau sebuah guide line about how to write a test. Kegunaan kisi-kisi adalah guide to write the text atau panduan untuk menulis soal. Syarat-syarat dari kisi-kisi adalah :
-          Dapat mewakili isi kurikulum secara tepat
-          Komponen-komponennya jelas dan mudah dipahami
-          Komponen-komponennya memuat semua segi yang diperlukan dan rinci
-          Dapat dipenuhi/ dilaksanakan soal-soalnya.

Kisi-Kisi Tes Hasil Belajar
Jenjang sekolah:
Mata pelajaran :
Kelas/prog/cawu:
Tahun pelajaran:
Jumlah soal :
Waktu :
No
Tujuan keteramplan bahasa
Tema/pkok bahasan
Uraian materi
Bahan kls/cawu
indikator
Bntuk soal
Jmlah soal
No soal











Pemanfaatan hasil belajar dapat dimanfaatkan oleh siswa, guru, kepala sekolah, pengawas, pengelola pendidikan, orang tua siswa, dan lain-lain.
1.       Manfaat penilaian bagi siswa :

Meningkatkan motivasi
Mengetahui kekuatan dan kelemahan
Mengetahui penguasaan bahan

2.       Manfaat hasil penilaian bagi guru :

Mengetahui penguasaan bahan bagi siswa
Mengetahui kemampuan siswa

3.       Manfaat hasil penilaian bagi kepala sekolah :

Mengetahui hasil belajar siswa secara keseluruhan
Membandingkan hasil belajar dari tahun ke tahun

4.       Manfaat bagi pengelola pendidikan :
Apakah program sudah tepat
Apakah sarana dan prasarana sekolah sudah memadai
Apakah metode penyajian sudah diajarkan dengan benar
Apakah evaluasi untuk mengungkap perolehan belajar siswa dipergunakan dengan tepat

2 komentar: